Judul yg ditolak nggak diterima juga nggak.

Ada beberapa hal di dunia ini yg nggak gue mengerti, misalnya kenapa menjadi single terkesan sangat hina dan menjadi bahan lelucon di negara ini atau kenapa ratusan orang sangat ngebet untuk masuk ke dunia politik yg rumit dan kotor itu.
Dan satu yg gak bakal bikin gue ngerti adalah mood kepala jurusan di kampus gue, Mr. Didin Tohidin.

Jadi, gue udah berusaha banget buat bikin skripsi yang jarang ada di perpustakaan. Gue mengambil tema “Studi perkembangan taktik sepakbola di Sumatra Barat”. FYI, itu bukan hal yg normal di kampus gue. Kebanyakan disini skripsinya kuantitatif dan ketimbang ngebahas taktik, mahasiswa lebih suka membicarakan fisik dan tekhnik. Mayoritas skripsi disini adalah “Pengaruh kekuatan otot … Terhadap kemampuan …” . Ada kali 70% isi perpus isinya gituan semua.

Jadi gue udah optimis karena emang judul gue udah dibicarakan bareng dosen muda paling top, Anton Komaini.
Dan kemudian, gue berdua sama Tomas masuk ke ruang Mr. Didin, setelah 2 hari sebelumnya nungguin dia punya waktu.
Tomas pertama yg maju, judulnya yg “pengaruh kekuatan otot…” itu udah di acc sebelumnya, jadi dia cuma minta pembimbing doang. Tapi pas disana, dia diprotes “GAK BOSAN KALIAT NGELIAT JUDUL KAYAK GINI TERUS ?”
(Dude, kalo lo bosen ngeliat ginian, TERUS KENAPA LO ACC, NYET !)

Setelah marah ngeliat judul skripsi yg pasaran ini, dia kemudian ngasih 2 pembimbing buat tomas. Kelar. Tinggal gue.

Sialnya, yg gue diteliti banget. Taktik itu apa, gue bisa jawab. Terus alat ukur taktik itu apa ? Lah, seumur-umur gue belajar sepakbola, gue gak nemuin itu alat ukur taktik. Ya menurut ngana aja pak.
Kemudian gue ditanya “Apa pentingnya taktik?”
Gue jawab “penting banget pak. Lebih penting dari skill pemain individu.”
“Kata siapa?”
“Jose Mourinho pak.”
“Emang Si Jose nerbitin buku?”
“Err, nggak pak.”

Dear bapak tersayang, asal tau aja, buku taktik di indonesia ini jarang banget. Gak ada penerbit yg mau nerbitin.

“Terus kalo gak ada buku, kamu mau dapet pegangan tentang taktik ini darimana?”
“Saya punya buku Elektronik Jonathan Wilson pak. Isinya ngebahas perkembangan taktik dari masa ke masa. Cuma ya emang bukunya Bahasa Inggris sih pak.”
“terjemahin.. Bawa ke saya..”
“…”

Dan gue pun akhirnya memilih mundur. Gue orangnya emang gak mau debat sama orang yg selalu menang, walaupun sebenarnya yang menang adalah elu.

Pas gue keluar, ada cewek juga mau ACC judul, lo tau apa yg terjadi ?
“Mau apa ? Acc judul ? Dosen PA nya siapa ?”
“pak *** ini pak.”
“oh oke. Sini saya tanda tangan.”

Gue cuma geleng-geleng kepala. :’)

Tinggalkan komentar